pasopati

Thursday, August 24, 2006

Ever Feeling Lost Control on Your Body?

Ya, pernahkah merasakan bahwa kita sama sekali tidak memiliki kontrol atas tubuh kita? Beberapa momen sempat membuat saya merasakan hal tersebut.

1. Ketika kali pertama mencoba Bolang-Baling di Dunia Fantasi; gara-gara termakan bujuk rayu teman. Katanya sih naik itu enaaak banget. "Pokoknya beda deh sama roller coaster. Ini lebih ga menakutkan!!". Ya sudahlah saya nurut saja, maklum jarang sekali jalan-jalan ke luar kota bareng temen se-SMA. Ternyata.... MasyaAllah, itu kursi diputar-putar 360 derajat dengan berbagai posisi.
Bolang-Baling adalah sebuah wahana di mana beberapa kursi digantungkan kepada lingkaran besi. Lingkaran besi itu dapat dinaikkan dan diturunkan dengan semacam penunjang hidrolik (mungkin ya?). Gantungan kursi dapat digerakkan maju mundur sesuai keinginan pemegang kendali. Dan yang paling penting, lingkaran besi itu dapat diputar dengan kecepatan tinggi ketika berada pada jarak lebih dari 10 meter di atas tanah. Untuk keselamatan, kursi memiliki pengaman yang dapat menahan tubuh sehingga tidak jatuh. Ketika akan naik wahana ini, semua barang2 yang mungkin jatuh, seperti : kacamata, sepatu, handphonde dan tas harus diletakkan d i bawah terlebih dahulu.
Yah jadilah ketika putaran2 dengan kecepatan tinggi dilangsungkan, tubuh kita hanya bergantungan pada pengaman tersebut. Mau lihat bawah? Silahkan.. Tapi saya tidak merekomendasikan. Lha wong saya saja merem ga karu-karuan ketika diputar-putar di atas. Berharap putaran2 itu segera selesai dan kita segera diturunkan.

2. Ketika take-off dan landing perjalanan udara menggunakan pesawat terbang. Kebanyakan orang berpendapat bagian paling beresiko dari perjalanan udara adalah ketika landing dan take-off tadi. Pada saat take-off, titik krusial menurut saya adalah pada saat roda pesawat meninggalkan tanah. Dan setelah itu pesawat teruuus naik mencapai ketinggian normal terbangnya. Pada saat landing, saat2 mendebarkan adalah ketika pesawat mencoba mencari tempat terbaik untuk memulai pendaratan. Pernah suatu waktu, pesawat yang saya tumpangi lama seklai berputar-putar di angkasa karena cuaca yang buruk.
Ketika saat itu, jelas penumpang tidak tahu apa2 dan tidak bisa berbuat apa-apa pula selain mengencangkan ikat pinggang dan mencoba santai (sambil berdoa tentunya). Menunggu dan menunggu sampai ada perkataan : "Good landing captain..." (meniru sebuah iklan)

Kedua momen itu benar2 membuat saya merasa kehilangan kontrol atas tubuh saya. Kalau dalam keseharian kita dapat menentukan dengan baik gerakan2 lanjutan tubuh kita, tidak demikian ketika berada dalam kedua kondisi tadi. Kita hanya bisa pasrah sepenuhnya...
Dalam sebuah majelis shalat Jum'at, pernah ada seorang khatib yang mengungkapkan pernyataan seperti ini :"Bapak2 belum pernah naik pesawat? Ah masa... Pesawat itu kan yang besar dan bisa melayang bukan? Bukannya kita setiap hari naik pesawat?? Lha itu.. Bumi kita kan besar dan bergerak melayang2 di angkasa dengan kecepatan tinggi.. Berarti kita naik pesawat gratis tiap hari dong.." (disambut cengiran para hadirin majelis tersebut)

Fully out of control... Setiap hari sebenarnya kita tidak secara penuh bisa menguasai tubuh kita. Ketika berjalan di jalan raya, sehati-hatinya kita, bukankah ada saja kemungkinan sebuah mobil keluar dari jalur dan menabrak? Ketika sedang berada di rumah menonton TV, bukankah ada kemungkinan terjadi gempa dan atap rubuh menimpa kita? Ketika sedang berada di kamar mandi, bukankah ada kemungkinan juga kita terpeleset karena sabun yang jatuh? Bukankah ada kemungkinan juga bumi ini keluar dari orbitnya dan menabrak planet lainnya??

Wallahu'alam

Labels:

5 Comments:

  • gung, bukan bolang-baling kalee...
    namanya kicir-kicir!
    iya, tuh! more than halilintar deh diubek-ubeknya!
    lose of control? itulah salah satu alasan kenapa kita disebut manusia: keterbatasan!! :)

    By Anonymous Anonymous, at 1:01 PM  

  • ketika sedang jatuh cinta, biasanya juga suka lost control on my body bos

    hihihii

    By Blogger Beni Suryadi, at 8:42 AM  

  • kalau jatuh cinta lost controlnya ga begini...........

    mungkin lebih dahsyat.........

    By Blogger Siti, at 10:17 AM  

  • To Ganda dan Ars : Apapun namanya yang penting kita udah TST (tahus ama tahu) =P.. Tapi Bolang-baling kok seinget saya.. he he

    To Benny : he he, benny mah jagoan yang beginian. Boleh deh ben..

    To pilar : hmm.. akhirnya jadi juga ya blognya.. Selamat ya!

    By Blogger agung, at 2:11 AM  

  • eh, beneran! namanya kicir-kicir! baru aja 17an kemaren naik tu wahana! posisinya kan tepat di sebelah mushola ama panggung maxima!
    [dibahas! teuteup...ngerasa bener si...]

    By Anonymous Anonymous, at 1:59 PM  

Post a Comment

<< Home